Modem Telkomsel Flash tidak bisa HSDPA dan Lemot

SEiring datangnya musim hujan, ada kendala yang saya temui ketika menggunakan paket internet Telkomsel, yaitu sinyal modem hanya menunjukkan indikator EDGE dan tidak dapat terkoneksi dengan sinyal HSDPA, padahal ketika modem hanya menerima sinyal EDGE otomatis akses internet menjadi sangat lambat.

Modem yang lemot ini menimbulkan banyak kesulitan terutama dari segi pekerjaan yang tersendat, karena untuk membuka satu halaman web saja kadang sampai loading cukup lama. Kejadian ini semakin parah ketika cuaca mendung atau hujan, karena sinyal HSDPA kadang muncul dan kadang hilang.

Masalah diatas sangat sering terjadi mungkin karena daerah saya memang sulit sinyal dan termasuk area yang jauh dari tower pemancar. Nah lantas bagaimana saya mengatasi modem yang tidak dapat digunakan untuk sinyal 3G tersebut?

Tips menggunakan modem untuk daerah sulit sinyal agar tetap dapat terkoneksi dengan sinyal 3G atau HSDPA antara lain adalah:

  1. Mencari tempat yang paling mudah menerima tangkapan sinyal 3G
  2. Ketika modem mulai menunjukkan indikator sinyal EDGE, maka segera restart modem 
  3. Untuk pekerjaan penting sebaiknya dikerjakan dimalam hari, karena saat malam cenderung lebih mudah mendapatkan sinyal 3G


Demikianlah sedikit tips untuk mendapatkan sinyal 3 G untuk daerah terpencil atau pedesaan yang kadang sangat sulit terutama di musim hujan. Meskipun kesulitan sinyal namun pekerjaan harus tetap jalan, sehingga kita dituntut untuk lebih kreatif.



Artikel Terkait Seputar Modem